Selasa, 07 Januari 2014
Analisis SWOT PT. Coca Cola
Analisis SWOT
Strength
Yang dimiliki oleh Coca-Cola Company meliputi Brand Image dan
Brand Loyality yang sudah melekat kuat
di masyarakat dan terbukti hingga saat ini masih menjadi pemimpin di pasar atau
market leader. Formula rahasia produknya juga tidak mudah ditiru oleh para
pesaing yang menjadikan produk ini tetap memiliki uniquenes tersendiri. Selain itu sistem distribusinya
yang telah merambah hampir keseluruh dunia tidak akan mudah untuk dikejar oleh
competitor. Produk-produk baru yang terus menerus diluncurkan serta promosi
yang gencar semakin memperkokoh posisi The Coca Cola Company pada pasar minuman
ringan, antara lain:
- Menguasai pangsa pasar dunia
- Beroperasi hingga lebih dari 200 negara
- Memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman
- Bermarkas di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat
- Perusahaan minuman terbesar sedunia
- Sebagai inovator dalam industri soft drink
- Melakukan bottling investment dengan beberapa investee
- Mempunyai struktur organisasi yang sangat baik
- Memiliki kepopuleran merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat sedunia
- Memiliki divisi di beberapa Negara
- Nomor 1 dalam penjualan minuman jus dan Nomor 1 dalam penjualan minuman teh dan kopi
- Coca Cola memenangkan penghargaan untuk kategori kemasan kaleng dari jenis produk yang paling inovatif dan atraktif.
- Perbedaan geografi perusahaan memberikan keseimbangan
- Memiliki social responsibilities yang sangat baik
- Net operating revenue tumbuh 4% menjadi $24.1 billion, dan operating income tumbuh 4% menjadi $6.3 billion
Weakness
Isu kesehatan mungkin salah satu permasalahan utama yang dihadapi
oleh produk Coca-Cola. Masalah kandungan
kalori berlebih yang diantisipasi dengan cara meluncurkan produk sugar free
ternyata juga masih mendapat hambatan dari adanya isu kesehatan mengenai
pemanis buatan yang digunakan sebagai pengganti. Selain itu
produk ini juga belum mulai beralih ke produk ramah lingkungan, sementara mulai banyak minuman ringan yang memakai isu keseahatan dan lingkungan dalam kampanye produk mereka.
produk ini juga belum mulai beralih ke produk ramah lingkungan, sementara mulai banyak minuman ringan yang memakai isu keseahatan dan lingkungan dalam kampanye produk mereka.
Opportunity
Pertumbuhan sebesar 7,5% yang terjadi pada pasar minuman ringan
non soda dan 8,5% pada air mineral
kemasan merupakan peluang yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh
Coca-Cola. Hal ini sudah dilakukan dengan produknya yaitu Air mineral Ades dan
produk minuman Isotonik. Selain itu menurut data masih banyak pasar di wilayah
Asia Tengah dan Afrika yang tingkat konsumsi minuman ringan bersodanya masih
rendah. Ini merupakan Blue Ocean bagi pemasaran Coca Cola dimasa depan.
Peluang Perusahaan :
- Meningkatnya gaya hidup beberapa konsumen akan softdrink
- Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan
- Kerjasama dengan berbagai pihak contoh: mc.donal
- Pengembangan produk baru jenis makanan
- Pertumbuhan
iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat
Threat
Kompetitor baik tingkat domestic maupun level International
seperti Pepsi dan Cadbury merupakan
ancaman yang patut diwaspadai. Selain itu perubahan paradigma konsumen yang lebih health conscious serta
meningkatnya harga gula, packaging dan
material lainnya merupakan ancaman yang perlu ditanggulangi sedini
mungkin.
Ancaman Perusahaan
- Banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi
- Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
- Invasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
- Tingginya harga bahan mentah
KELEMAHAN PERUSAHAAN
- Inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar.
- Coca Cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain.
- Bagan struktur organisasi yang tidak mencakup semua jabatan yang ada
Ancaman Perusahaan
- Banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi
- Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
- Invasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
- Tingginya harga bahan mentah
- Kesulitan mengatur seluruh anak perusahaan sedunia
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
3 komentar:
thanks
makasih gan, bermanfaat.
Makasih bermanfaat untuk tugas kuliah saya 😅
Posting Komentar